KPAI Akan Temui Mendikbud Bahas Buku Anak Berkonten LGBT

KPAI Akan Temui Mendikbud Bahas Buku Anak Berkonten LGBT
Foto: net
weRiau.com - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) berencana menemui jajaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).
 
Tujuan dari pertemuan itu, untuk membahas terkait banyaknya buku yang luput dari pengawasan.
 
Satu di antaranya buku "Balita Langsung Lancar Membaca" yang diduga mengandung konten lesbian, gay, biseksual dan transgender (LGBT), yang saat ini ramai dibicarakan masyarakat.
 
KPAI juga membuat laporan untuk Kemendikbud terkait buku yang diduga berkonten LGBT tersebut.
 
"Sebenarnya tidak ada Badan Perbukuan Nasional. Yang ada sekarang ini adalah Pusbukur (Pusat buku dan kurikulum)," kata Komisioner KPAI Bidang Pendidikan Retno Listyarti, saat ditemui di kantornya, Rabu (3/1/2018).
 
Lebih lanjut, KPAI berencana menemui langsung Mendikbud Muhadjir Effendy dan Kepala Pusbukkur guna membicarakan pengawasan buku pelajaran anak-anak.
 
Selain itu, KPAI juga akan mendorong Mendikbud untuk memisahkan antara pusat perbukuan dengan pusat kurikulum.
 
KPAI menilai, penggabungan antara Pusat Perbukuan dan Kurikulum malah menambah beban, sehingga pengkontrolan buku-buku pelajaran tidak berjalan efektif.
 
"Kami meminta pusat kurikulum ya pusat kurikulum saja, pusat perbukuan, ya perbukuan saja agar banyak pihak yang bisa melakukan pengawasan terhadap buku di Kemendikbud," terang Retno Listyarti.
 
 
 
Sumber: tribunnews

#Pendidikan

Index

Berita Lainnya

Index